Ciri ciri Chipset Laptop Rusak

Laptop atau Netbook sebagai salah satu kebutuhan dan alat kerja yang wajib dimiliki di era digital ini. Penggunaan laptop atau netbook sehari lebih dari 2 jam. Jika kita menggunakan laptop di kantor dengan AC yang dingin laptop atau netbook kita bisa lebih awet karena tidak mengalami over heat jika kondisi kipas kita bagus dan bersih. Pernah datang konsumen mengungkapkan kejadian tersebut, laptop dipakai dikantor dengan fasiltas ac yang dingin, laptop tidak mati. Setelah pulang kerja laptop dipakai dirumah tanpa AC ternyata 30 menit laptop mati over heat. Jadi ruangan yang dingin juga bagus untuk kinerja laptop atau netbook, setelah kejadian tersebut kipas atau fan laptop dibersihkan, dan bisa dipakai lagi dirumah tidak mati mati lagi.

Ciri ciri kerusakan Chipset menggunakan VGA antara lain: gambar pecah pecah atau gambar jadi kotak kotak, untuk main game biasanya lancar jadi hang atau lelet, laptop bisa di nyalakan tapi tidak tampil gambar, laptop dinyalakan masuk windows tapi tidak bisa baca hardisk atau flasdisk.

Sebelum terjadi kerusakan tersebut sebaiknya selalu di kontrol aliran angin yang keluar dari kipas laptop, jika kipas muter kenceng tapi tidak keluar angin, segera di bersihkan. atau jika kondisi bersih tetapi kipas muternya tidak kontinu harap diganti kipas laptop yang lebih bagus. Lebih baik maintenace dari pada harus ganti vga atau chipse baru.