Acer D722 Mati

Acer D722 Mati

Acer D722 ukuran 11.6 inchi dengan Prosesor AMD masih mulus datang dalam keadaan mati. Netbook ini kondisi belum pernah service sebelumnya, mainboard masih bagus, pertama pengecekan pastikan tegangan 19 volt bisa menyebar kesemua kompenen netbook yang membutuhkan teg tsb. Setelah 19volt dinyatakan bagus atau tidak ada konslet, kedua kalinya pengecekan tegangan 3 volt dan 5 volt dan terbukti ada semua.

Sekarang pengecekan tombol swich on/off ada tengangan¬† 3,3 volt atau tidak. ternyata tegangan 3 voltnya tidak ada….dilihat fisiknya jalur teg 3,3V ternyata terkelupas dan tidak tersambung dengan Mosfet D11, dan tegangan dari mosfet tersebut ternyata juga ada tengangannya….

Setelah disambung jalur yang putus dan tengang 3 v untuk swich on/off sudah hadir, sekarang di coba pakai adaptor untuk menyalakan Netbook acer d722…..Alhamdulillah setelah pencet tombol swich on / off netbook sudah bisa menyala lagi.

 

Dell N4050 IC power Mati

Dell N4050 IC power Mati

Hari ini datang servisan masuk Dell N4050 kondisi mati, di pasang adaptor atau casan tidak ada indikator lampu yang hidup, Langsung di bongkar casing dan di perhatikan setiap komponen….dan ternyata kelihatan IC TPS51125 terbakar.

Setelah ketahuan ada ic terbakar di cek lagi ada komponen yang short atau konslet……dan ternyata tidak di temukan komponnen lain yang konslet, selanjutnya kita lakukan penggantian ic power tersebut.

IC tersebut jalurnya terbakar di Vin atau tegangan 19 volt….karena jalurnya putus sedikit maka disambung kabel saja.

service laptop dell n4050, service laptop cikarang, bitacom service laptop

 

Setelah disambung selesai, selanjutnya kita test pasang ke casing dan di kasih tegangan dari casan dell n4050 dan Allhamdulillah lampu power sudah menyala.

service laptop cikarang, serice laptop dell n4050, dell n4050 matot

 

Service Acer ES1-131 Matot

Service Acer ES1-131 Matot

Sore hari temen nganterin netbook Acer ES1-131 kondisi matot, Lampu indikator charging tidak hidup jika dipasang adaptor. setelah di bongkar netbook masih rapi belum pernah diservice.

Pengecekan awal memastikan tegangan dari adaptor masuk ke mainbord dan tegangan 19 volt masuk ke semua system kerja, berarti tidak ada konslet dari tegangan 19 volt tersebut.

Langkah selanjutnya cek tegangan di swich on/off ternyata ada tegangan 3.3volt berarti SiO aman tidak atau tidak konslet. Sekarang mau tindakan flash bios ec, tapi tegangan 1.85volt tidak ada, tidak mungkin hidup jika tengangan 1,85v belum hadir.

Langkah berikutnya menelusuri tegangan 1,85v asalnya dari mana?

.

.

.

dan akhirnya ketahuan juga ada capasitor yang konslet.

Alhamdulillah masalahnya teratasi.

service laptop cikarang, acer es1 131 matot