Cara Memperbaiki LCD Laptop Rusak

Dann November 21, 2023

Cara Memperbaiki LCD Laptop Rusak – Dalam era di mana laptop menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, masalah pada perangkat tersebut bisa menjadi tantangan serius. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi pengguna adalah LCD laptop yang rusak. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemahaman tentang cara memperbaiki LCD laptop menjadi keterampilan berharga.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada layar LCD laptop. Pemahaman mendalam tentang berbagai penyebab ini dapat membantu pengguna mengidentifikasi masalah dengan lebih akurat dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang sesuai. Seperti terjadi benturan, adanya gangguan pada listrik, cairan dan lain-lain.

Bagaimana cara untuk memperbaiki LCD laptop yang rusak? Memperbaiki laptop yang rusak itu ada banyak cara, tetapi perlu terlebih dahulu untuk mendiagnosisnya, oleh karena itu pada kesempatan ini kita akan membahas cara memperbaiki LCD laptop rusak, mulai dari diagnosis, perbaikan hardware dan software hingga tips dan trik tambahan yang diperlukan.

Berikut artikel mengenai cara memperbaiki LCD laptop rusak.

Diagnosis LCD Laptop Rusak

LCD laptop yang mengalami kerusakan bisa menjadi sumber frustasi, namun, memahami gejalanya adalah langkah pertama menuju perbaikan. Berikut akan kami bagikan cara mendiagnosis kerusakan pada LCD:

1. Tanda-tanda LCD Laptop Rusak

Tanda-tanda kerusakan pada layar LCD laptop dapat bervariasi, dan memahaminya adalah langkah penting untuk mengambil tindakan perbaikan yang tepat. Berikut adalah beberapa gejala yang menunjukkan bahwa LCD laptop Anda mungkin mengalami masalah:

  1. Perubahan Warna yang Tidak Wajar: Perubahan drastis dalam warna tampilan layar, seperti tampilan yang terlalu merah, biru, atau hijau. Warna yang terdistorsi atau tidak sesuai dengan warna aslinya.
  2. Garis-garis Vertikal atau Horizontal: Munculnya garis-garis yang berjalan secara vertikal atau horizontal di sepanjang layar. Garis-garis ini dapat mengganggu pengalaman visual secara keseluruhan.
  3. Layar yang Gelap atau Terlalu Terang: Layar yang tiba-tiba menjadi sangat gelap atau terlalu terang tanpa alasan yang jelas. Kesulitan melihat konten pada layar karena perubahan kontras yang signifikan.
  4. Munculnya Titik atau Bintik-bintik: Titik-titik atau bintik-bintik yang muncul secara acak di berbagai bagian layar. Bintik-bintik ini dapat disertai dengan masalah lain, seperti ketidakresponsifan layar di sekitar area tersebut.
  5. Pergeseran atau Fluktuasi Gambar: Pergeseran gambar atau fluktuasi yang tidak stabil pada tampilan layar. Gambar yang bergoyang atau bergerak tanpa kontrol pengguna.

2. Cara Menguji LCD Laptop Rusak

Menguji kondisi LCD laptop bisa menjadi langkah awal yang sangat berguna untuk mengidentifikasi masalah yang mungkin terjadi. Berikut adalah panduan untuk menguji LCD laptop yang mungkin mengalami kerusakan:

  1. Periksa Perubahan Warna: Buka gambar dengan warna merah, hijau, dan biru secara bergantian. Amati apakah ada perubahan warna yang tidak wajar atau distorsi pada layar.
  2. Uji dengan Gambar Statis dan Bergerak : Tampilkan gambar statis untuk melihat apakah ada garis-garis, bintik-bintik, atau area gelap pada layar. Putar video atau animasi untuk memeriksa apakah ada masalah dengan pergerakan gambar.
  3. Perhatikan Kontrast dan Kecerahan : Sesuaikan kontrast dan kecerahan layar dan perhatikan perubahan dalam respons tampilan. Catat apakah layar terlalu gelap atau terlalu terang tanpa alasan yang jelas.
  4. Periksa Area Tertentu : Fokus pada area tertentu di layar dan perhatikan apakah ada ketidaknormalan di sekitar area tersebut. Uji respons layar dengan menyentuh atau menggeser pada area yang dicurigai.

3. Perbedaan Antara LCD Rusak dan Mati

Ketika menghadapi masalah dengan layar laptop, penting untuk membedakan antara LCD yang mengalami kerusakan dan layar yang mati sepenuhnya. Berikut adalah perbedaan antara LCD laptop yang rusak dan layar yang mati:

  • LCD Rusak:
    • Gejala Warna Tidak Wajar: Tanda utama LCD rusak adalah perubahan warna yang tidak wajar atau distorsi dalam tampilan.
    • Garis-garis atau Bintik-bintik: Munculnya garis-garis vertikal atau horizontal, atau bintik-bintik pada layar.
    • Masalah Pergerakan Gambar: Gambar mungkin bergoyang, atau terjadi fluktuasi dalam tampilan saat menggunakan perangkat.
  • Layar Mati:
    • Tidak Ada Tampilan Sama Sekali: Layar tidak menampilkan gambar atau cahaya sama sekali.
    • Tidak Ada Respons Terhadap Sentuhan: Layar tidak memberikan respons terhadap sentuhan atau gerakan mouse.
    • Tidak Ada Suara atau Tanda-tanda Hidup: Tidak ada suara atau tanda-tanda aktivitas dari laptop meskipun dinyalakan.

Dengan pemahaman mendalam tentang tanda-tanda dan metode diagnostik, Anda akan dapat dengan lebih efektif menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk mengatasi masalah LCD laptop. 

Perbaikan Hardware LCD Laptop

Permasalahan pada hardware dapat menjadi penyebab umum dari kerusakan layar LCD laptop. Dalam hal ini, kita akan membahas solusi-solusi praktis untuk memperbaiki masalah hardware yang dapat memengaruhi kinerja layar.

1. Langkah-langkah Mengganti Kabel LCD Laptop

Mengganti kabel LCD laptop dapat menjadi solusi yang efektif jika Anda mengalami masalah dengan tampilan layar. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk membantu Anda mengganti kabel LCD dengan benar:

  1. Matikan Laptop dan Cabut Daya: Pastikan laptop dalam keadaan mati. Cabut daya dan baterai laptop untuk keamanan tambahan.
  2. Bersiap dan Persiapkan Alat: Pastikan Anda memiliki kabel pengganti yang kompatibel. Siapkan alat yang diperlukan seperti obeng, pinset, dan alat pemotong kabel.
  3. Buka Casing Laptop: Gunakan obeng untuk membuka casing laptop dengan hati-hati. Identifikasi lokasi kabel LCD yang terhubung ke motherboard.
  4. Lepaskan Kabel LCD yang Lama: Gunakan pinset untuk lepaskan kabel LCD dari port yang terhubung. Pastikan untuk tidak merusak kabel atau port selama proses ini.
  5. Pasang Kabel Baru: Sambungkan kabel LCD baru ke port yang sesuai di motherboard. Pastikan koneksi kabel aman dan rapat.
  6. Perbaiki Casing Laptop: Kembali pasang casing laptop dengan hati-hati. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas.
  7. Nyalakan Laptop dan Uji Layar: Colok daya dan hidupkan laptop. Periksa apakah layar menampilkan gambar dengan benar.
  8. Cek Respons Layar: Uji respons layar dengan memastikan semua fungsi berjalan normal. Perhatikan apakah tanda-tanda masalah sebelumnya telah hilang.

2. Solusi Ampuh Memperbaiki Backlight LCD

Jika Anda menghadapi masalah dengan backlight LCD laptop, berikut adalah solusi efektif yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah tersebut:

  1. Periksa Koneksi Kabel Backlight: Matikan laptop dan cabut daya. Buka casing laptop dan periksa koneksi kabel backlight. Pastikan kabel terhubung secara aman ke inverter dan motherboard.
  2. Ganti Inverter LCD: Inverter bertanggung jawab untuk mengatur daya backlight. Jika inverter rusak, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru. Pilih inverter yang sesuai dengan model laptop Anda.
  3. Periksa Lampu Backlight: Perhatikan apakah lampu backlight masih berfungsi. Jika ada lampu yang mati, ganti dengan yang baru. Pastikan untuk memilih lampu yang sesuai dengan spesifikasi laptop.
  4. Uji Backlight Inverter: Gunakan multimeter untuk mengukur daya keluar dari inverter. Jika tidak ada daya keluar, inverter mungkin perlu diganti. Jika ada daya keluar, masalah mungkin terletak pada motherboard atau kabel.
  5. Periksa Pengaturan Kecerahan: Buka pengaturan kecerahan pada laptop. Pastikan kecerahan diatur dengan benar dan tidak pada tingkat minimum. Sesuaikan pengaturan untuk melihat apakah ada perubahan pada backlight.
  6. Update Driver Grafis: Pastikan driver grafis laptop Anda diperbarui. Kadang, masalah backlight terkait dengan driver grafis yang tidak kompatibel. Perbarui driver grafis Anda dan periksa apakah masalah teratasi.
  7. Cek Daya Baterai: Pastikan baterai laptop memiliki daya yang cukup. Beberapa laptop mengatur kecerahan layar berdasarkan daya baterai. Isi daya baterai dan periksa apakah masalah tetap ada.

3. Tips Membersihkan Kotoran pada LCD Laptop

Memastikan kebersihan layar LCD laptop adalah langkah penting untuk menjaga kualitas tampilan. Berikut adalah tips membersihkan kotoran pada LCD laptop dengan aman:

  1. Matikan Laptop dan Cabut Daya: Pastikan laptop dalam keadaan mati. Cabut daya dan baterai untuk keamanan tambahan.
  2. Gunakan Lap Microfiber: Gunakan lap microfiber yang lembut dan tidak menggores. Hindari penggunaan bahan kasar yang dapat merusak lapisan layar.
  3. Hindari Cairan Pembersih Langsung: Jangan menyemprotkan cairan pembersih langsung ke layar. Teteskan sedikit cairan pembersih ke lap microfiber dan gunakan untuk membersihkan.
  4. Pilih Cairan Pembersih yang Aman: Pilih cairan pembersih yang dirancang khusus untuk layar LCD. Hindari menggunakan cairan alkohol.
  5. Lakukan Pembersihan Ringan: Usap layar dengan lembut menggunakan gerakan melingkar. Hindari tekanan berlebihan yang dapat merusak piksel atau lapisan layar.
  6. Perhatikan Sudut-sudut dan Tepi Layar: Bersihkan dengan hati-hati di sudut-sudut dan tepi layar. 
  7. Jangan Gunakan Bahan Abrasif: Hindari penggunaan bahan seperti tisu atau kertas yang bisa menggores layar. 
  8. Periksa Petunjuk Pabrikan: Rujuklah pada petunjuk pabrikan laptop untuk panduan pembersihan. Beberapa produsen mungkin memberikan petunjuk khusus.
  9. Hindari Pembersihan Saat Layar Panas: Hindari membersihkan layar saat masih panas. Tunggu hingga layar dan laptop dingin sebelum membersihkan.

Perbaikan Software LCD Laptop

Ketika masalah layar laptop berasal dari sisi perangkat lunak, perbaikan software dapat menjadi solusi yang efektif. Berikut  langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang mungkin berasal dari driver grafis, pengaturan resolusi, dan sistem operasi.

1. Mengatasi Masalah Driver Grafis Laptop Rusak

Jika Anda mengalami masalah dengan driver grafis laptop yang rusak, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

  1. Perbarui atau Ganti Driver:
    • Kunjungi situs resmi laptop atau kartu grafis.
    • Unduh dan instal versi terbaru dari driver grafis yang sesuai dengan model laptop Anda.
  2. Gunakan Fasilitas Pembaruan Otomatis:
    • Aktifkan fasilitas pembaruan otomatis pada sistem operasi.
    • Sistem akan secara otomatis mencari dan menginstal pembaruan driver grafis yang diperlukan.
  3. Hapus dan Pasang Ulang Driver:
    • Buka “Device Manager” pada laptop.
    • Temukan kartu grafis di bawah kategori “Display adapters”.
    • Klik kanan pada kartu grafis dan pilih opsi untuk menghapus driver.
    • Setelah dihapus, restart laptop dan driver akan diinstal secara otomatis.
  4. Gunakan Pemulihan Sistem:
    • Jika masalah muncul setelah instalasi driver tertentu, gunakan fitur pemulihan sistem.
    • Kembalikan sistem ke titik waktu sebelum instalasi driver yang menyebabkan masalah.
  5. Uji dengan Driver Alternatif:
    • Jika permasalahan persisten, coba instal driver versi alternatif.
    • Pilih versi yang lebih stabil atau yang telah diuji oleh pengguna lain.
  6. Periksa Konflik dengan Aplikasi Lain:
    • Pastikan tidak ada konflik antara driver grafis dan aplikasi lain yang diinstal.
    • Nonaktifkan sementara aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan konflik.
  7. Cek Koneksi Fisik:
    • Pastikan kartu grafis terpasang dengan tepat.
    • Periksa kabel atau konektor eksternal jika menggunakan kartu grafis eksternal.
  8. Scan dan Perbaiki Kesalahan Hard Drive:
    • Gunakan utilitas sistem untuk melakukan pemindaian dan perbaikan kesalahan pada hard drive.
    • Kesalahan pada hard drive dapat memengaruhi kinerja driver grafis.

2. Memperbarui Pengaturan Resolusi Layar

Memperbarui pengaturan resolusi layar dapat menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kualitas tampilan pada laptop Anda. Berikut adalah panduan untuk memperbarui pengaturan resolusi layar:

  1. Buka Pengaturan Layar:
    • Klik kanan pada desktop, pilih “Resolusi layar.”
    • Alternatif, akses melalui “Control Panel” dan pilih “Pengaturan Layar.”
  2. Pilih Resolusi yang Diinginkan:
    • Dibagian “Resolusi layar,” pilih resolusi sesuai diinginkan.
    • Pilih resolusi yang mendukung kebutuhan dan preferensi visual Anda.
  3. Uji Resolusi Baru:
    • Setelah mengganti resolusi, klik “Terapkan” dan uji tampilan layar.
    • Pastikan semua elemen tampilan terlihat dengan jelas dan sesuai.
  4. Periksa Kecocokan dengan Monitor:
    • Pastikan resolusi layar sesuai dengan monitor.
    • Pilih resolusi yang direkomendasikan untuk monitor Anda jika memungkinkan.
  5. Sesuaikan Posisi dan Orientasi Layar:
    • Jika diperlukan, sesuaikan posisi atau orientasi layar.
    • Beberapa pengguna mungkin memilih mode landscape atau portrait tergantung pada preferensi.
  6. Terapkan Perubahan:
    • Jika tampilan sesuai dengan harapan, klik “Simpan perubahan” atau “OK.”
    • Jika tidak, Anda dapat memilih “Kembalikan” untuk mengembalikan ke pengaturan sebelumnya.
  7. Perbarui Driver Grafis:
    • Pastikan driver grafis laptop Anda diperbarui.
    • Driver yang tidak terbarui dapat menyebabkan masalah dengan resolusi layar.
  8. Restart Laptop:
    • Setelah melakukan perubahan, restart laptop untuk menerapkan pengaturan resolusi baru sepenuhnya.

3. Troubleshooting Sistem Operasi pada LCD

Jika Anda mengalami masalah dengan sistem operasi yang memengaruhi kinerja layar LCD laptop, berikut adalah langkah-langkah troubleshooting yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut:

  1. Perbarui Sistem Operasi:
    • Pembaruan sistem operasi dapat mencakup perbaikan untuk masalah yang berkaitan dengan tampilan.
  2. Periksa Driver Grafis:
    • Pastikan driver grafis terinstal dengan benar.
    • Perbarui atau instal ulang driver grafis untuk memastikan kompatibilitas dengan sistem operasi.
  3. Uji dengan Mode Aman:
    • Restart laptop dalam mode aman untuk memeriksa apakah masalah masih ada.
    • Mode aman membantu mengidentifikasi apakah masalah terkait dengan perangkat lunak pihak ketiga.
  4. Hapus Aplikasi Konflik:
    • Nonaktifkan sementara aplikasi pihak ketiga yang mungkin menyebabkan konflik dengan driver grafis.
    • Periksa apakah masalah teratasi setelah nonaktifkan aplikasi tertentu.
  5. Cek Kesehatan Sistem:
    • Gunakan utilitas sistem untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada sistem operasi.
    • Pastikan tidak ada masalah atau kerusakan pada file sistem.
  6. Pengaturan Energi dan Layar:
    • Pastikan pengaturan daya dan layar diatur dengan benar.
    • Sistem operasi dapat mengubah pengaturan daya yang memengaruhi tampilan layar.
  7. Pemulihan Sistem:
    • Jika masalah persisten, pertimbangkan untuk menggunakan fitur pemulihan sistem.
    • Kembalikan sistem ke titik waktu sebelum munculnya masalah.
  8. Periksa Virus atau Malware:
    • Gunakan program antivirus untuk memeriksa dan membersihkan laptop dari virus atau malware.
    • Beberapa infeksi dapat memengaruhi kinerja layar.
  9. Update Sistem Operasi Secara Manual:
    • Selain pembaruan otomatis, pastikan untuk memeriksa pembaruan sistem operasi secara manual.
    • Ini memastikan bahwa sistem Anda mendapatkan semua perbaikan terbaru.

Dengan memahami dan mengimplementasikan solusi perbaikan software, Anda dapat meningkatkan performa layar LCD laptop tanpa harus menyentuh perangkat keras. 

Tips dan Trik Perbaikan LCD Laptop

Setelah memahami diagnosis, perbaikan hardware, dan perbaikan software, ada beberapa tips dan trik tambahan yang dapat membantu Anda menjaga dan meningkatkan kondisi layar LCD laptop. Bagian ini mencakup informasi tentang alat perbaikan, tindakan pencegahan, dan sumber daya tambahan.

1. Langkah Mudah Mengganti LCD Laptop Sendiri

Jika Anda ingin mencoba mengganti LCD laptop sendiri, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk membantu Anda melakukannya dengan mudah:

  1. Persiapan Alat dan Bahan:
    • Pastikan Anda memiliki LCD pengganti yang sesuai dengan model laptop Anda.
    • Sediakan alat seperti obeng, pinset, dan kunci plastik pembuka casing.
  2. Matikan Laptop dan Cabut Daya:
    • Pastikan laptop dalam keadaan mati.
    • Cabut daya dan baterai untuk keamanan tambahan.
  3. Buka Casing Laptop:
    • Gunakan obeng untuk membuka casing laptop dengan hati-hati.
    • Mulailah dari sudut-sudut dan kerjakan dengan lembut untuk menghindari kerusakan.
  4. Identifikasi Koneksi LCD:
    • Temukan kabel penghubung LCD ke motherboard.
    • Lepaskan kabel dengan hati-hati dari portnya.
  5. Lepaskan LCD yang Lama:
    • Gunakan kunci plastik pembuka casing untuk melepaskan LCD dari bingkai laptop.
    • Pastikan tidak merusak bingkai atau bagian sekitarnya.
  6. Pasang LCD Pengganti:
    • Tempatkan LCD pengganti di tempat yang sama seperti yang lama.
    • Sambungkan kabel LCD ke port yang sesuai di motherboard.
  7. Perbaiki Casing Laptop:
    • Kembali pasang casing laptop dengan hati-hati.
    • Pastikan tidak ada kabel yang tertekuk atau terjepit di antara casing.
  8. Nyalakan Laptop dan Uji Layar:
    • Colok daya dan hidupkan laptop.
    • Periksa apakah layar menampilkan gambar dengan benar.
  9. Periksa Respons Layar:
    • Uji respons layar dengan memastikan semua fungsi berjalan normal.
    • Pastikan tidak ada garis-garis atau bintik-bintik yang muncul.
  10. Selesaikan Pengaturan:
    • Jika semuanya berfungsi, pasang kembali semua sekrup dan tutup casing.
    • Setel pengaturan resolusi layar jika diperlukan.

2. Kenali Alat Perbaikan LCD Laptop

Sebelum memulai perbaikan LCD laptop, penting untuk mengenali alat-alat yang diperlukan. Berikut adalah beberapa alat perbaikan LCD laptop yang dapat Anda persiapkan:

  1. Obeng: Memiliki berbagai jenis obeng, termasuk obeng phillips dan obeng bintang, sesuai dengan sekrup yang perlu Anda buka.
  2. Pinset: Berguna untuk menangani komponen kecil seperti kabel dan konektor dengan presisi.
  3. Kunci Pembuka Casing: Kunci plastik pembuka casing membantu membuka casing laptop tanpa merusaknya.
  4. Lap Microfiber: Digunakan untuk membersihkan layar LCD dan komponen lainnya tanpa menyebabkan goresan.
  5. Kabel Pengganti LCD: Jika Anda perlu mengganti kabel LCD yang rusak, pastikan memiliki kabel pengganti yang sesuai dengan model laptop Anda.
  6. LCD Pengganti: Jika perlu mengganti seluruh LCD, pastikan memiliki LCD pengganti yang kompatibel dengan laptop Anda.
  7. Kartu Plastik: Berguna untuk mengangkat atau melepaskan komponen tanpa merusak casing atau kabel.
  8. Multimeter: Digunakan untuk mengukur tegangan dan memeriksa keberlanjutan kabel atau komponen lain.
  9. Kartu Pita Plastik: Dapat membantu Anda memisahkan konektor pita tanpa merusak koneksi.
  10. Pelindung Statis: Menggunakan pelindung statis seperti gelang anti-statis untuk menghindari kerusakan pada komponen elektronik.
  11. Lem Khusus Elektronik: Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan lem khusus elektronik untuk merekatkan komponen dengan aman.
  12. Dokumentasi dan Panduan: Pastikan Anda memiliki dokumentasi dan panduan yang sesuai untuk model laptop Anda, termasuk diagram dan petunjuk langkah demi langkah.

3. Tips Aman Memperbaiki LCD Laptop Sendiri

Memperbaiki LCD laptop rusak sendiri dapat memberikan kepuasan ada beberapa cara yang bisa dicoba, tetapi diperlukan kehati-hatian agar tidak merusak komponen atau menyebabkan masalah tambahan. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan perbaikan berlangsung dengan aman:

  1. Matikan dan Cabut Daya: Pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum memulai perbaikan. Cabut daya dan baterai untuk menghindari kejutan listrik.
  2. Pelajari Model Laptop Anda: Kenali model laptop Anda dan dapatkan panduan teknis atau diagram yang diperlukan. Memahami struktur internal laptop akan membantu dalam perbaikan.
  3. Gunakan Peralatan yang Sesuai: Gunakan alat-alat yang dirancang untuk perbaikan elektronik. Pilih obeng, pinset, dan alat lain yang sesuai dengan ukuran dan jenis sekrup.
  4. Pertimbangkan Garansi: Jika laptop masih dalam garansi, pertimbangkan untuk menghubungi produsen atau teknisi resmi sebelum mencoba perbaikan sendiri. Perbaikan sendiri dapat membatalkan garansi jika tidak dilakukan dengan benar.
  5. Gunakan Pelindung Statis: Kenakan gelang anti-statis atau hindari mengenakan pakaian yang dapat menyebabkan kelistrikan statis. Kelistrikan statis dapat merusak komponen sensitif.
  6. Lakukan di Ruangan Bersih: Kerjakan perbaikan di ruangan bersih dan bebas debu. Hindari lingkungan yang dapat mengotori atau merusak komponen.
  7. Simpan Komponen yang Dilepas: Simpan sekrup dan komponen kecil lainnya dengan hati-hati. Gunakan wadah kecil atau kantong plastik tersegel untuk mencegah kehilangan.
  8. Ikuti Langkah Demi Langkah: Ikuti panduan perbaikan langkah demi langkah. Jangan mencoba melewatkan langkah atau menerapkan perbaikan yang tidak diperlukan.
  9. Periksa Kembali Koneksi: Pastikan semua koneksi dihubungkan dengan benar setelah perbaikan selesai. Cek dan pastikan tidak ada kabel yang terlewat.
  10. Uji Sebelum Merakit Kembali: Sebelum merakit kembali casing laptop, uji fungsionalitas layar. Pastikan tidak ada masalah sebelum menyusun kembali semua komponen.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara memperbaiki LCD laptop yang rusak. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tempat jual beli laptop bekas mudah dan aman silahkan hubungi kami

Website : www.tritop.co.id

Wa : 085333000861

Instagram : tritop.id

Dann

Berbagi banyak hal terkait Layar Laptop

Leave a Comment

Artikel Terkait