Cara Mengatasi LCD Laptop Kemasukan Air

Dann January 26, 2024

LCD Laptop Kemasukan Air – Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Laptop sering dipakai untuk berbagai kepentingan, mulai dari bekerja, belajar, hingga hiburan. Namun, laptop juga rentan terhadap kerusakan, salah satunya adalah kemasukan air.

LCD laptop yang kemasukan air dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti layar buram, tampilan bergaris, hingga kerusakan permanen. Jika Anda mengalami masalah LCD laptop kemasukan air, jangan panik. Berikut adalah cara mengatasinya dengan benar agar laptop Anda tidak rusak.

Kerusakan Laptop Akibat Kemasukan Air

Laptop sebagai teman setia kerja dan hiburan sehari-hari tentu rentan terhadap risiko, salah satunya kemasukan air. Cairan yang masuk ke dalam perangkat elektronik ini bisa berakibat fatal, mulai dari layar bermasalah hingga kerusakan total. Tapi jangan panik dulu! Dengan penanganan yang tepat, laptop kesayanganmu masih bisa diselamatkan.

Dampak Air yang Menggenangi Laptop:

Air yang masuk ke dalam laptop dapat menimbulkan berbagai kerusakan, tergantung pada jenis cairan, jumlah yang masuk, dan kecepatan penanganan. Berikut beberapa dampak yang mungkin terjadi:

  • Konsleting Listrik: Air bersifat konduktor, sehingga mengalirkan listrik dan berpotensi menyebabkan korsleting pada komponen laptop. Hal ini bisa berakibat fatal pada motherboard, baterai, dan komponen lainnya.
  • Korosi: Mineral dan zat terlarut dalam air dapat memicu korosi pada komponen logam di dalam laptop, seperti konektor, sekrup, dan heatsink. Korosi ini dapat mengganggu fungsi komponen dan berujung pada kerusakan permanen.
  • Layar Bermasalah: LCD laptop sangat sensitif terhadap air. Kemasukan air dapat menyebabkan layar buram, bergaris, bahkan mati total.
  • Keyboard Mati: Keyboard laptop terdiri dari banyak sirkuit dan tombol kecil yang mudah rusak akibat air. Kemasukan air dapat menyebabkan tombol tidak berfungsi, respons yang lambat, atau keyboard mati total.
  • Kerusakan Komponen Internal: Dalam kasus terparah, air dapat mencapai komponen internal yang vital seperti hard disk, RAM, dan CPU. Ini bisa berakibat pada kehilangan data, crash sistem, dan kerusakan perangkat keras permanen.

Langkah-langkah Mengatasi LCD Laptop Kemasukan Air

Tenang! Sebelum Panik, Lakukan Ini:

1. Bereaksi Secepatnya

Matikan laptop secepat mungkin! Setiap detik aliran listrik terhubung, kerusakan makin parah. Tekan tombol power hingga layar padam atau cabut baterai jika model laptop Anda memungkinkan.

2. Isolasi Listrik

Lepaskan semua kabel yang terhubung, termasuk charger, HDMI, USB, dan perangkat eksternal.

3. Keluarkan Cairan

Posisikan laptop terbalik (sisi keyboard menghadap ke bawah) untuk mengalirkan air keluar melalui celah keyboard. Tepuk pelan untuk membantu pengeluaran cairan.

Tindakan Penanganan Lanjutan

  1. Keringkan Bagian Luar: Gunakan kain bersih dan lembut untuk menyerap air dari permukaan laptop. Hindari menggunakan tisu karena dapat meninggalkan serat.
  2. Buka Sasis (Opsional): Hanya lakukan jika Anda merasa cukup percaya diri atau laptop Anda memiliki garansi yang sudah habis. Pastikan Anda memiliki alat dan pengetahuan yang tepat untuk menghindari kerusakan internal.
  3. Keringkan Komponen Internal: Jika membuka sasis, gunakan kain lembut bebas serat atau cotton bud untuk menyerap air. Hindari menyentuh komponen sensitif atau menggesekkan kabel.
  4. Hindari Beras: Walau beredar mitos menggunakan beras, nasi atau silica gel, ini TIDAK disarankan. Kotoran dan debu dapat masuk ke dalam komponen lebih dalam.
  5. Pengering Rambut (Gawat Darurat): Gunakan pengering rambut dengan suhu rendah dan jarak aman untuk mempercepat penguapan air, khusus pada bagian keyboard dan layar. Hindari meniupkan udara langsung ke komponen sensitif.

Penantian Pasca Pertolongan

  1. Diamkan Laptop: Tempatkan laptop terbalik atau pada posisi normal di tempat kering dan berangin selama 24-48 jam. Ini memastikan semua air dalam komponen menguap sempurna.
  2. Hindari Menyambungkan Listrik: Jangan tergoda menyalakan laptop atau mengisi daya selama masa diamkan.

Tips Mencegah Laptop Agar Tidak Kemasukan Air

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah laptop Anda agar tidak kemasukan air:

1. Jauhkan laptop dari air

Ini adalah hal yang paling penting untuk dilakukan. Hindari menggunakan laptop di dekat sumber air, seperti di dekat bak mandi, wastafel, atau kolam renang. Jika Anda harus menggunakan laptop di dekat air, pastikan untuk meletakkannya di permukaan yang kering dan tidak mudah tergelincir.

2. Gunakan tas laptop yang tahan air

Tas laptop yang tahan air dapat membantu melindungi laptop Anda dari cipratan air atau hujan.

3. Pasang pelindung layar

Pelindung layar dapat membantu melindungi layar laptop Anda dari cipratan air.

4. Gunakan penutup keyboard

Penutup keyboard dapat membantu melindungi keyboard laptop Anda dari cipratan air.

5. Berhati-hatilah saat menggunakan laptop di tempat yang lembap

Tempat yang lembap, seperti kamar mandi atau dapur, dapat meningkatkan risiko laptop Anda kemasukan air. Jika Anda harus menggunakan laptop di tempat yang lembap, pastikan untuk mengeringkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum menyentuh laptop.

6. Lakukan perawatan rutin

Lakukan perawatan rutin pada laptop Anda, seperti membersihkan debu dan kotoran. Debu dan kotoran dapat menyumbat ventilasi laptop dan menyebabkan laptop menjadi panas, yang dapat meningkatkan risiko laptop Anda kemasukan air.

Laptop yang kemasukan air dapat menyebabkan berbagai kerusakan, mulai dari layar bermasalah hingga kerusakan total. Untuk meminimalisir kerusakan, penting untuk bertindak cepat dan tepat. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membantu mencegah laptop Anda agar tidak kemasukan air.

Bagi yang memiliki laptop bekas rusak bisa menjualnya ke

Website : www.tritop.co.id

Wa : 085333000861

Instagram : tritop.id

Dann

Berbagi banyak hal terkait Layar Laptop

Leave a Comment

Artikel Terkait