LCD Laptop Rusak Pakai Monitor

Dann February 1, 2024

LCD Laptop Rusak Pakai Monitor – LCD laptop rusak memang menyebalkan, tapi jangan khawatir, masih ada cara agar laptop tetap bisa di pakai. Anda bisa menggunakan monitor eksternal sebagai ganti LCD laptop yang rusak.

Monitor eksternal adalah layar tambahan yang bisa dihubungkan ke komputer atau laptop. Dengan menggunakan monitor eksternal, Anda bisa memperluas layar laptop Anda, sehingga Anda bisa bekerja atau bermain game dengan lebih nyaman.

Untuk itu kami akan membahas cara mengubah pakai monitor sebagai pengganti LCD laptop yang rusak. Selain itu kami akan memberikan informasi mengenai penyebab LCD laptop rusak, hingga cara menggunakan monitor untuk pengganti LCD.

Penyebab LCD Laptop Rusak

Ada beberapa penyebab LCD laptop rusak, antara lain:

  • Terjatuh: Terjatuh adalah penyebab LCD laptop rusak yang paling umum. Ketika laptop terjatuh, bisa saja LCD-nya mengalami kerusakan fisik, seperti retak atau pecah.
  • Terendam air: Terendam air juga bisa menyebabkan LCD laptop rusak. Ketika laptop terendam air, bisa saja air masuk ke dalam LCD dan merusak komponen-komponennya.
  • Overheating: Overheating bisa menyebabkan LCD laptop rusak. Ketika laptop bekerja terlalu berat, bisa saja suhunya meningkat dan menyebabkan LCD-nya rusak.
  • Mati lampu: Mati lampu juga bisa menyebabkan LCD laptop rusak. Ketika mati lampu, laptop bisa mengalami kerusakan pada komponen-komponennya, termasuk LCD-nya.

Selain penyebab-penyebab di atas, LCD laptop juga bisa rusak karena faktor usia. Semakin tua usia laptop, semakin rentan LCD-nya mengalami kerusakan.

Jika LCD laptop Anda rusak, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri atau membawanya ke tempat servis. Jika Anda ingin memperbaikinya sendiri, Anda bisa membeli kit perbaikan LCD laptop yang tersedia di pasaran.

Monitor sebagai Solusi Pengganti LCD Laptop Rusak

Jika LCD laptop Anda rusak, Anda bisa menggantinya dengan monitor eksternal. Monitor eksternal adalah layar tambahan yang bisa dihubungkan ke komputer atau laptop. Dengan menggunakan monitor eksternal, Anda bisa memperluas layar laptop Anda, sehingga Anda bisa bekerja atau bermain game dengan lebih nyaman.

Berikut adalah beberapa manfaat mengubah LCD laptop rusak menjadi monitor eksternal:

  • Meningkatkan produktivitas: Monitor eksternal bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas. Dengan menggunakan monitor eksternal, Anda bisa membuka lebih banyak jendela atau aplikasi pada saat bersamaan.
  • Meningkatkan pengalaman bermain game: Monitor eksternal bisa meningkatkan pengalaman bermain game. Dengan menggunakan monitor eksternal, Anda bisa mendapatkan tampilan yang lebih luas dan lebih imersif.
  • Meningkatkan kenyamanan: Monitor eksternal bisa meningkatkan kenyamanan. Dengan menggunakan monitor eksternal, Anda bisa mengatur posisi layar sesuai dengan kenyamanan Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengubah LCD laptop rusak menjadi monitor eksternal:

  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti::
    • LCD laptop rusak
    • Universal controller board
    • Kabel VGA atau HDMI
    • Obeng
  2. Bongkar LCD laptop. Lepaskan semua baut yang menahan LCD laptop. Pisahkan LCD laptop dari laptop.
  3. Pasang universal controller board. Hubungkan konektor universal controller board ke LCD laptop. Pasang universal controller board ke laptop.
  4. Sambungkan LCD laptop ke monitor. Gunakan kabel VGA atau HDMI untuk menghubungkan LCD laptop ke monitor.
  5. Tes LCD laptop. Nyalakan laptop dan monitor. Pastikan LCD laptop sudah terdeteksi oleh monitor.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka Anda akan berhasil mengubah LCD laptop rusak menjadi monitor eksternal.

Cara Pakai Monitor sebagai Pengganti LCD Laptop Rusak

Setelah LCD laptop Anda berhasil diubah menjadi monitor eksternal, Anda bisa menggunakannya sebagai pengganti LCD laptop. Berikut adalah cara untuk menggunakan monitor sebagai pengganti LCD laptop:

  1. Hubungkan laptop ke monitor. Gunakan kabel VGA atau HDMI untuk menghubungkan laptop ke monitor.
  2. Atur resolusi layar. Setelah laptop dan monitor terhubung, Anda perlu mengatur resolusi layar monitor. Anda bisa mengatur resolusi layar melalui pengaturan monitor atau pengaturan laptop.
  3. Pindahkan tampilan ke monitor. Setelah resolusi layar diatur, Anda perlu memindahkan tampilan ke monitor. Anda bisa memindahkan tampilan melalui pengaturan tampilan laptop.

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka tampilan laptop Anda akan muncul di monitor. Anda bisa menggunakan monitor sebagai pengganti LCD laptop Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan monitor sebagai pengganti LCD laptop:

  • Pastikan resolusi layar monitor sama dengan resolusi layar laptop. Jika resolusi layar monitor tidak sama dengan resolusi layar laptop, maka tampilan di monitor mungkin akan terlihat pecah atau terdistorsi.
  • Pastikan posisi monitor nyaman untuk Anda. Anda bisa mengatur posisi monitor sesuai dengan kenyamanan Anda.
  • Gunakan kabel VGA atau HDMI berkualitas tinggi. Kabel VGA atau HDMI berkualitas tinggi akan menghasilkan gambar yang lebih jernih dan tajam.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips di atas, Anda bisa menggunakan monitor sebagai pengganti LCD laptop dengan lancar.

Nah, itulah cara menggunakan monitor sebagai pengganti LCD laptop yang rusak. Dengan sedikit “ketelatenan” dan mengikuti langkah-langkah ini, anda bisa memakai laptop anda dengan lebih nyaman lagi.

Tempat jual laptop bekas

Website : www.tritop.co.id

Wa : 085333000861

Instagram : tritop.id

Dann

Berbagi banyak hal terkait Layar Laptop

Leave a Comment

Artikel Terkait